Seni Bertetangga


Di era cyber ini, tak terasa kehidupan berjalan begitu cepat. Selain semakin mendekati kiamat, komunikasi juga semakin mudah. Cukup dengan menekan keypad ponsel atau berkirim e-mail, dalam hitungan detik kabar sudah sampai, sungguh praktis bukan? Dunia ini serasa seluas daun kelor.

Namun kecanggihan teknologi tak selalu membawa dampak positif jika kita tak bijak memanfaatkannya. Misalnya saja, karena saking asyiknya telepon dan SMS-an, kita jadi lupa bersilaturahmi dengan tetangga di kanan kiri rumah kita, padahal Islam mengatur bagaimana adab bertetangga. Saling bertegur sapa, saling bersilaturahim, saling memberi hadiah, saling menanyakan kabar, dan seterusnya.

Dengan alasan sibuk kita terkadang melupakan hak-hak tetangga kita. Dulu, silaturahim ke tetangga merupakan tradisi yang melekat pada masyarakat kita, namun saat ini tradisi tersebut seolah tergantikan dengan kehadiran SMS, telepon, dan situs jejaring sosial. Untuk berbincang dengan tetangga samping rumah saja terkadang kita lebih memilih berkirim SMS daripada bertandang langsung ke rumahnya.

Nah, agar tradisi ini tidak lenyap, mari kita hidupkan kembali tradisi silaturahmi dengan tetangga, minimal kanan, kiri, depan, belakang rumah kita. Mari kita masukkan silaturahmi dalam jadwal agenda harian atau pekanan kita. Masukkan pula tetangga dalam list nama penerima oleh-oleh selepas kita bepergian jauh. Mari kita hiasi diri kita dengan senyum, sapa, salam setiap berjumpa dengan tetangga kita. Atau mungkin, luangkan waktu kita sekedar menyapu halaman agar kita bisa menyapa tetangga yang lewat di depan rumah kita.

written by Zen Muhammad Alfaruq

Artikel ini pernah dimuat di ‘Jagongan’ Harian Jogja (Sabtu Kliwon, 31 Juli 2010 hal. 17) dengan sedikit perubahan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s