Sungkem


sungkem

sungkem

Idul Fitri atau Lebaran tak kan lengkap tanpa yang satu ini, yaitu ‘sungkem‘. Meminta maaf kepada orang yang lebih tua sambil mengucapkan kata-kata tertentu sebagai bentuk pengakuan maaf. Pada orang Jawa, sungkem ini biasanya menggunakan tutur kata yang sopan dan runtut, dengan bahasa Jawa krama inggil. Dan inilah kata-kata yang sering saya gunakan ketika sungkem dengan keluarga yang usianya lebih tua (ayah, ibu, nenek, kakek, pakdhe, budhe, paklik, bulik, tetangga, dll):

Kepareng matur dhumateng …….. [bapak/ibu/simbah/dll], sowan kula wonten ing mriki, ingkang sepisan silaturrahim, kaping kalihipun ngaturaken sugeng riyadi, ngaturaken sedaya lepat nyuwun pangapunten, kaping tiga nyuwun donga pangestunipun supados kula saged dados putra ingkang sholeh, migunani dhateng agami, nusa, bangsa, lan nagari, lancar anggenipun pados ilmu ingkang manfaat, gampil anggenipun pados rejeki ingkang halal lan thayyib, saha sukses nglampahi gesang ing donya lan akhirat.

Dalam bahasa Indonesia, artinya:

Perkenankan saya bertutur kepada …….. [ayah/ibu/nenek/dll], maksud kunjungan saya ke sini, yang pertama silaturahim, yang kedua mengucapkan selamat idul fitri, mohon maaf atas segala salah dan khilaf, yang ketiga mohon doa restunya agar saya jadi anak yang shaleh, berguna untuk agama, nusa, bangsa, dan negara, lancar dalam menuntut ilmu yang bermanfaat, mudah dalam mencari rezeki yang halal dan thayyib, serta sukses dalam menjalani kehidupan di dunia dan akhirat.

Setelah kita matur, biasanya beliau (ayah/ibu/nenek/kakek, dll) akan menjawabnya dengan kata-kata maaf, do’a restu, dan wejangan atau nasihat. Jawaban yang biasanya saya terima, contohnya semacam ini:

Yo, Le… Sowanmu mrene tak tampa, semana uga aku wong tuwa akeh lupute, muga-muga isa kalebur ing dina riyaya iki, tak dongakke muga-muga apa sing dadi penggayuhmu dikabulke marang Gusti Allah…

Dalam bahasa Indonesia, artinya:

Ya, Nak… Kunjunganmu ke sini saya terima, saya sebagai orang tua juga banyak salahnya, semoga bisa melebur di hari raya Idul Fitri ini, saya doakan semoga apa yang engkau cita-citakan dikabulkan oleh Allah SWT…

Nah, sekarang sudah tau ilmunya kan? Ayo kita praktikkan! Selamat sungkem… ^_^

7 responses to “Sungkem

  1. Saya pakai bahasa indonesia saja deh.. khawatir.. pakai yang bahasa jawa.. yang disungkemin malah bengong.. HAH..?!?!?!🙂

    Silaturahim..
    Taqabbalallaah minna waminkum
    Mohon maaf lahir bathin

    Telah tiba bulan syawal
    menggantikan sang ramadhan
    Jika ada kata yang tak terkawal
    Berharap bisa dimaafkan

    Selamat Idul Fitri 1431 H

    zen:
    lho, memangnya mbak putri aseli mana?
    taqabbal yaa kariim… sama-sama mbak putri…
    ^_^

  2. yup betul, itu sungkem ala orang jawa

    ane dah sungkem kemaren akh

    meski dengan kalimat yang agak berbeda tapi inti maknanya sama koq ^_^

    “ngaturaken sugeng riyadi, nyuwun ngapunten menawi wonten kalepatan ingkang kulo sejo utawi mboten, mugi2 amal kulo lan panjenengan dipun tampi Gusti Allah.amin”

    afwan lahir bathin ya akh

    zen:
    kalimat sungkemnya bagus, mbak ^^d lebih simpel dan dalam…
    sami-sami mbak anyta, saya juga mohon maaf atas segala khilaf.
    mohon maaf bila komentar2 saya di blog njenengan ada yang kurang berkenan…

    • ya akh sama-sama saling mengikhlaskan

      oya afwan mo tanya, tulisan tentang “smp” masih bisa ga ya? ane kemaren belum “sempet” nulis soalnya.
      kalo masih bisa, gimana caranya agar display teksnya seperti yg antum tulis (ada pesan untuk disampaikan ke 5 teman lainnya)? maklum blogger amatiran nih
      syukron infonya

      zen:
      masih bisa, mbak.. dibuat aja… caranya nampilin display 5 orang, dicopas aja (cantumin sumbernya) trus diedit dikit…

      • oya, ane coba, syukron

        zen:
        afwan ^_^ selamat mencoba…
        semoga upaya sederhana ini bernilai pahala di sisi Allah SWT, Aamiin…

  3. amplopane g ente masukn a’zen….

    zen:
    boleh tuh akh, bisa jadi postingan berikutnya ^_^
    matur nuwun ya idenya…

  4. hehehehe…oke juga mas…

    zen:
    punya mas faiz lebih oke lho, fotonya orisinal🙂
    punya saya mah fotonya cuma ngambil dari internet tuh..

  5. Bos g ad ucapan yang lebih bermutu ya.,paling tidak yang gaul dikit n ssuai dgn prkembangan n kmajuan jaman apalagi udul fitri 1432 tinggal beberapa hari lagi,.ta g apalah lumayan bisa tau sedikit en makacih banget atas masukannya yahc.,
    eh aq ko g bs share k email aq sih,.tolong dong aq mau share artikelnya

Leave a Reply

