Sales Blog


Oleh: Zen Muhammad Alfaruq

WPSebagai seorang blogger newbie di wordpress akhir-akhir ini saya jadi keranjingan untuk mempromosikan blog saya ini ke setiap orang. Entah di dunia maya maupun di dunia nyata. Di dunia nyata, ketika berbincang dengan teman-teman saya, saya sisipi bahasan tema blog. Saya tanyakan kepada mereka, apakah mereka memiliki blog? Apakah sering diupdate? Alamatnya apa? Mau tukeran link atau enggak? He..

Kalau ketemu teman yang belum mengenal blog, saya berusaha menerangkan manfaat ngeblog yang bisa kita raih. Alhamdulillah ada beberapa orang yang akhirnya termotivasi dan minta diajarin mbikin blog. Kalau ketemu teman yang punya blog tapi nggak keurus, biasanya dia senyum-senyum kecut gitu. He… “Dulu pernah punya, tapi lupa alamatnya apa?” Ada juga, “Punya, tapi nggak keurus…” Dari sekian teman yang nggak mengurus blognya ada beberapa motif memang, ada yang memang sibuk karena nggak sempat posting blog, namun ada pula yang males karena kehilangan tujuan buat apa nge-blog. Selain itu, ketika saya ditanya oleh teman atau saudara, lagi sibuk apa mas sekarang? Dengan enteng saya jawab, “lagi sibuk nge-blog.”

Di dunia maya, promosi pun gencar saya lakukan sebagai “sales blog” baru😀 Facebook dan YM! menjadi media yang saya sukai untuk mempromosikan blog saya kepada khalayak. Dari status, notes, komentar, hingga chat di facebook akhir-akhir ini selalu saya cantumkan alamat blog saya. Mungkin ada beberapa teman yang agak risih juga dengan pencantuman alamat blog saya itu. “Promosi!!!” kata mereka. Hehe😀 maklum, namanya juga “sales blog”… Walhasil, peningkatan trafik kunjungan ke blog saya pun mengalami peningkatan yang lumayan. Silakan bisa sobat lihat gambar berikut ini…

statistik

statistik blog saya

Dan kalau dilacak lebih jauh tentang dari mana pengunjung blog saya menemukan blog saya, ternyata kebanyakan berasal dari pengguna facebook dan sebagian kecil dari teman-teman saya sesama blogger yang memasang link blog saya di blog mereka. Sebagai buktinya akan saya tunjukkan gambaran referrer (perujuk) menuju blog saya berikut ini:

referrer

referrer (perujuk) menuju blog saya

Alhamdulillah, setelah sekian lama saya tak bersinggungan dengan jagat per-blog-an, akhirnya Allah memberikan ‘hidayah’ kepada saya untuk aktif kembali menorehkan catatan peradaban di blog sederhana yang saya miliki ini. ‘Hidayah’ itu saya peroleh ketika salah seorang adik angkatan saya di UNY yang sedang KKN-PPL memberikan tawaran kepada saya untuk melatih para guru SMA Negeri 1 Sleman dalam membuat blog dengan WordPress. Waktu itu (18-19 Agustus 2010) blog saya sudah lama tak tersentuh, saya malu kepada para guru yang saya latih seandainya mereka menengok blog pelatihnya, “lho kok blog-nya nggak diurus?” Hehe. Memang Allah memberikan ‘hidayah’ ini kepada hamba-Nya dari arah yang tak disangka-sangka. Terima kasih ya Allah… ^_^

arsip

arsip blog saya

Dan pada gilirannya, ketika saya mengharapkan agar blog ini memberikan kebermanfaatan lebih kepada para peselancar di dunia maya, maka menjadi “sales blog” sepertinya menjadi pilihan yang harus saya ambil. Mohon maaf kalau postingan ini rada lebay…😀

Sampai postingan ini diunggah, blog saya ini baru dikunjungi oleh 2.065 tamu, padahal blog adik saya sudah dikunjungi oleh 67.978 orang. Masih kalah jauh… T.T Meski demikian, saya akan tetap berusaha untuk istiqamah dalam menorehkan catatan peradaban di blog saya yang sangat sederhana ini, untuk menggapai takwa dengan tinta… Semangat “sales blog”!!!!  \\(^_^)//

6 responses to “Sales Blog

  1. semoga istiqomah zen🙂

    zen:
    aamiin yaa rabbi… matur nuwun nggih sarah atas do’anya… semoga antum juga istiqomah berbagi inspirasi kebaikan melalui blog…

  2. semoga blognya terus aktif Zen, tukeran link yuk (promosi Mode ON) cahyosetiadi.wordpress.com

    zen:
    aamiin.. syukran jazilan abah atas do’anya ^^, hayuk hayuk.. link antum dah sy pasang di blog ini lho..

  3. ohh… mosok to newbie? tak kiro dah melalang buana di dunia WP, nek aku cetha newbie, cos bari bbrp bulan yg lalu buatnya, dn 2 bln terakhir aktifnya, heheheh…😀

    zen:
    iya nih mbak danti, sy masih newbie di dunia WP.. memang sih bergabung sudah sejak november 2007, tapi mulai aktif WP-nan baru pertengahan agustus 2010, beberapa saat setelah diminta menemani para blogger SMAN 1 Sleman. dulu sy aktifnya nge-MP. tapi berhubung kompi sy lemot, akhirnya lebih aktif di WP. ngaten😀

  4. kisah yg menarik dan lucu..
    bagus,,,
    tp yg blogspot & mp kok blm di update y?

    zen:
    terima kasih mbak ida🙂
    yg blogspot spesial membahas soal lingkungan dan biologi, baru sepi ide nih.. ada usul?
    yg mp berat loadingnya utk dibuka di kompi sy yg begitu lemot dan melatih kesabaran😀

  5. oo, begitu…
    isu lingkungan banyak sepertinya..
    angin puting beliung kemarin, smp hujan es di pekalongan…

    zen:
    iya, sangat banyak bahkan. tapi saat ini sense sy sedang mengarah pada isu di luar isu lingkungan.. jadinya kurang mengikuti isu2 lingkungan yang terjadi akhir2 ini.. btw syukran atas masukan dan lawatannya.. kunjungan balik insya Allah..

  6. cara jualannya ya dengan cara blogwalking.🙂

    zen:
    setuja eh, setuju! ^^d

Leave a Reply

