Blogger Lillahita’ala


Nge-blog memang asyik. Banyak manfaat yang bisa kita raih dari aktivitas yang satu ini. Kalau kita mau jujur bertanya pada diri kita masing-masing, sebenarnya apa tujuan kita melakoni aktivitas nge-blog? (silakan jawab dalam hati) By the way saya yakin, tujuan sobat sekalian pasti tujuannya positif (kecuali yang tidak, hehe).

Merumuskan tujuan menurut saya sangat penting artinya bagi seorang blogger. Hal ini dikarenakan dengan tujuan yang benar, maka aktivitas nge-blognya akan bernilai. Dengan tidak adanya tujuan, membuat nge-blog menjadi sesuatu yang menjemukan dan berujungkan kemalasan. Oleh karena itu mari kita rumuskan tujuan nge-blog, yuk!

Melatih diri untuk rutin menulis, mengais fulus, mengibarkan nama, berbagi inspirasi, mengajak kepada kebaikan, aktualisasi diri, meraih ridha Illahi, mencurahkan isi hati, mencari komunitas sosial, berkompetisi dengan sesama blogger, hobi, dan sebagainya bisa kita jadikan tujuan nge-blog. Namun menurut saya kita perlu menentukan prioritas tujuan itu. Manakah tujuan utama kita yang mendasari dan mengalirkan nafas blog kita?

Pernahkah sobat mendengar atau membaca sebait kalimat hikmah yang kurang lebih berbunyi, “Jika engkau menanam padi, maka engkau akan mendapati rumput tumbuh di sekeliling tanaman padi. Jika engkau menanam rumput, jangan harap tumbuh tanaman padi di sekelilingnya.”?

Kalau tujuan utama kita nge-blog kita analogikan dengan menanam padi, maka rumput pun akan bermunculan di sekitarnya. Jika tujuan kita nge-blog semata-mata lillahita’ala (untuk Allah SWT) maka berbagai bonus pun akan mengikutinya, entah itu fulus (uang), ketenaran, berbagai tawaran dan peluang, jaringan, komunitas, dan sebagainya. Jika kita sudah meniatkan sebagai blogger lillahita’ala, maka apa yang kita tuliskan dalam blog kita pun harus mematuhi kaidah-kaidah Allah seperti yang telah Allah gariskan dalam panduan hidup kita, Al Qur’an, Hadits, ijtihad ulama.

Dengan koridor ini, kita akan berlatih untuk memahami dan mengamalkan ilmu ikhlas. Setiap kita membuat sebuah posting baru, kita berlatih untuk mengharapkan ridha Allah atas tulisan dan segala sesuatu yang kita tayangkan. Banyak sedikitnya komentar yang masuk dalam blog kita tak mempengaruhi semangat kita untuk mengunggah postingan demi postingan. Bisa jadi kita akan ketakutan ketika postingan kita banyak dikomentari, bukan karena isinya mengajak kepada kebaikan, namun karena membuat orang lain terinspirasi untuk berbuat keburukan. Dengan koridor ini pula kita tak sembarangan dalam melontarkan ide-ide liar kita. Akan muncul filter canggih dalam benak kita untuk menyaring isi blog kita. Filter itu akan mencegah tangan kita mengetikkan kata-kata kotor atau umpatan, atau kalimat-kalimat asusila, atau menjelek-jelekkan orang lain sementara bisa jadi kita lebih jelek daripada yang kita jelek-jelekkan, menahan diri kita untuk menyombongkan diri sementara sombong itu hanya Allah yang boleh melakukannya. Blogger lillahita’ala berharap agar setiap huruf, tanda baca, gambar, foto, video, file dan pernak-pernik yang tertayang di blognya bernilai pahala, bukannya bernilai dosa. Sungguh akan selalu ada malaikat Rakib dan ‘Atid yang selalu mengawasi gerak-gerik kita dalam menjalani aktivitas kita, termasuk nge-blog, lalu mencatatnya, apakah catatan kebaikan atau catatan keburukan yang kita hasilkan. Oleh karena itu, marilah kita bersama-sama berusaha dengan segenap jiwa dan raga menjadi blogger lillahita’ala, yang di akhirat kelak, tangan kita bersaksi, “Wahai Allah, blogger yang ada di hadapan Engkau ini sewaktu di dunia dulu selalu berusaha mengetikkan kalimat-kalimat untuk mengajak orang kepada kebaikan dengan menggunakan diri hamba..”

Wallahua’lam bishawab.

Toragan, 21 September 2010

One response to “Blogger Lillahita’ala

  1. inspiring…ring…ring…
    sip!
    keep blogging!

    zen:
    oke!🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s