Menggapai Takwa dengan Tinta bersama FLP Yogyakarta


Komunitas penulis yang satu ini melalui karya-karyanya berusaha untuk mencerahkan masyarakat Indonesia, tak luput kaum muda yang ada di dalamnya.

flp yogyakarta

forum kepenulisan flp yogyakarta

Waktu itu, kebutuhan masyarakat Indonesia akan bacaan yang baik sangat jauh dari terpenuhi. Selain itu pula banyak pemuda yang memiliki potensi dalam bidang kepenulisan namun tak tersalurkan potensinya sehingga pemuda pun mencari-cari tempat untuk menyalurkan segenap potensi yang dimilikinya. Membaca keadaan itu terjadilah diskusi nonformal para alumni Fakultas Sastra Universitas Indonesia yang di kemudian hari, tepatnya pada tanggal 22 Februari, 13 tahun yang lalu melahirkan sebuah forum penulis yang diberi nama Forum Lingkar Pena (FLP).

Semenjak saat itu, pemuda yang memiliki potensi menulis di berbagai daerah pun tergerak untuk berbuat hal serupa sehingga berdirilah FLP di berbagai wilayah di Indonesia bahkan luar negeri. Yogyakarta sebagai Kota Pelajar, pemudanya pun tak mau kalah, pada tanggal 24 Agustus 2000 lahirlah pula FLP Yogyakarta di sebuah masjid kampus, yaitu Masjid Al Mujahidin Universitas Negeri Yogyakarta.

Hingga saat ini FLP telah menghasilkan ratusan bahkan mungkin ribuan penulis. Karya-karya para anggotanya telah diterbitkan oleh para penerbit dan akhirnya tersebar ke seluruh penjuru nusantara. Kegiatan rutin pekanan FLP Yogyakarta antara lain forum fiksi yang digelar setiap Kamis dan forum nonfiksi setiap Selasa pukul 16.00-17.30 WIB bertempat di selasar sayap selatan Gedung Pusat (Balairung) UGM Yogyakarta. Forum kepenulisan ini terbuka untuk umum, siapapun boleh mengikutinya. Sedangkan pertemuan khusus anggota yang bertujuan untuk meng-upgrade wawasan keislaman dihelat sebulan sekali yang dikemas dalam sebuah acara ‘Katakan Cinta’ (kajian agama dilanjutkan cerita indah apa aja).

Tak hanya kegiatan rutin saja, ada pula beberapa kegiatan insidental yang cukup menarik dan edukatif. Kegiatan insidental tersebut antara lain, training empatik menulis fiksi dan nonfiksi yang digarap oleh para trainer pada divisi CWC (Creative Writing Center), acara bedah buku, seminar sastra, lomba kepenulisan, pembacaan puisi, penampilan teater, dan seabrek kegiatan lainnya.

FLP Yogyakarta saat ini memiliki sekitar 50 orang anggota aktif untuk menggerakkan organisasinya. Sedangkan untuk regenerasi, setiap enam bulan sekali, FLP Yogyakarta membuka pendaftaran anggota baru yang ditujukan untuk seluruh elemen masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta, baik pelajar, mahasiswa, maupun umum. Hingga saat ini FLP Yogyakarta telah merekrut anggota hingga angkatan XI.

Selain mengembangkan kegiatan tulis menulis, FLP Yogyakarta juga mengembangkan seni teater dengan membentuk kelompok teater yang diberi nama ‘Teater Pena’. Teater Pena sering tampil pada berbagai acara internal maupun eksternal FLP. Dengan teater ini pulalah, karya dalam bentuk cerpen atau novel bisa diangkat menjadi naskah skenario yang pada akhirnya divisualisasikan di atas panggung dan dinikmati bersama.

Tentu sebagai wadah organisasi penulis, FLP Yogyakarta juga menerbitkan produk media untuk menyalurkan karya para anggotanya dan bisa dinikmati masyarakat dalam bentuk buletin cetak ‘Tinta’ yang terbit bulanan dan majalah online ‘Tinta’ yang bisa diakses di http://www.flpjogja.org. Tak hanya itu saja, FLP Yogyakarta juga memiliki divisi produksi yang memfasilitasi dan menjembatani para anggota FLP Yogyakarta dengan penerbit yang ada sehingga setelah anggota memiliki karya, para anggota tak perlu lagi kerepotan dan kebingungan untuk menawarkan tulisannya ke penerbit.

Bagi sahabat yang ingin mengenal lebih jauh dengan FLP Yogyakarta, bisa mengunjungi Rumah Cahaya (Rumah Baca dan Hasilkan Karya) FLP Yogyakarta yang berada di bilangan Jalan Monumen Jogja Kembali, Gang Kembang Duren II Nomor 125A Dusun Nandan Yogyakarta dengan nomor telepon (0274) 625322. Website resminya beralamat di http://www.yogya.forumlingkarpena.net. Nah, bagi sahabat yang suka menjelajah di situs jejaring sosial Facebook, bisa mengundang FLP Yogyakarta sebagai teman melalui e-mail flp_yogya@yahoo.co.id.

Dengan slogan ‘Menggapai Takwa dengan Tinta’, FLP Yogyakarta selalu berusaha mengajak seluruh masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta khususnya, Indonesia dan dunia pada umumnya untuk kembali berpikir lebih jernih, merenung sejenak, dan meraih pencerahan melalui berbagai karya yang dihasilkan para anggotanya.

(Zen Muhammad A.)

Repost dari: senyumkita.com

One response to “Menggapai Takwa dengan Tinta bersama FLP Yogyakarta

  1. PERTAMAX….

    FLP2X….

    I’ve very special experience with FLP..
    too secret ^^v

    zen:
    wah.. ada kata-kata “too secret”.. sepertinya sy perlu minta bantuan detektif conan nih.. hehe😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s