Dongengan Manfaat Ngeblog


Sobat, postingan berikut ini saya dapatkan dari blog sebelah. Silakan dinikmati, semoga bermanfaat..

Dag dig dug, duarrr! hehe😀

Sobat narablog sekalian, kali ini, di postingan perdana ini, saya hendak mendongeng tentang manfaat ngeblog. Mari kita mulai.. Siap?

Menambah Jaringan
Konon katanya, ngeblog itu bisa menambah jaringan kita. Orang yang rajin blog walking atau jalan-jalan dari satu blog ke blog yang lain akan bertambah kawannya.. Apalagi kalau kita meninggalkan jejak e-mail dan alamt blog kita. Itu membuat blogger yang blognya kita tengok akan datang ke blog kita dan bisa jadi membaca tulisan-tulisan kita, lalu kalau kita beruntung akan berujung pada tukaran link. Orang biologi bilang simbiosis mutualisme.

Menebar Inspirasi
Alkisah, ngeblog itu bisa membuat orang yang membaca blog kita terinspirasi untuk berbuat sesuatu. Karena kadangkala pengalaman kita yang tertuang ke dalam blog tak sengaja dibaca orang yang sedang mergoogle, dan biasanya orang yang lagi mergoogle itu lagi butuh informasi atau sedang mencari sesuatu. Nah, kalau ternyata blog kita cocok dengan apa yang dicari orang, maka mereka akan sangat terbantu dan terinspirasi oleh tulisan kita.

Bisa Dapet Beasiswa
Suatu hari saya pernah menemukan sebuah istilah unik yang mengusik, bloggership. Katanya orang yang dapet bloggership bisa menuntut ilmu di luar negeri tanpa biaya alias gratis. Kalau ndak salah Microsoft yang ngadain acara ini.. Siapa tau dalah satu dari kita ada yang ketiban durian runtuh dapet bloggership.

Nambah Keluarga
Di suatu malam, saya blog walking, trus ketemulah saya dengan sebuah blog yang membahas kopdar yang baru aja digelar oleh si blogger tersebut. Sungguh hangat sekali rasanya membaca tulisan-tulisan mengenai acara kopdar itu. Ah, saya jadi kepingin. Gimana sih rasanya kopdar? Bahkan ada salah satu peserta kopdar yang menjuduli postingannya dengan “Malam Pertama”. Ia gambarkan bahwa kopdar tempo hari indah seperti malam pertama.

Saling Menolong
Beberapa tahun lalu saya hendak pergi ke luar negeri untuk pertama kalinya. Yakin, saya bingung betul waktu itu. Bagaimana caranya orang yang belum pernah ke luar negeri bisa ke luar negeri dengan selamat. Alhamdulillah salah satu sahabat saya sesama blogger di multiply mau membantu saya selama saya berada di luar negeri. Selama saya di sana, saya diantar jemput, ditraktir makan, penginapan, bahkan oleh-oleh. Luar biasa baiknya sahabat blogger yang menolong saya itu. Semoga Allah SWT membalas kebaikan beliau dengan balasan yang lebih baik berlipat ganda..

Bisa Buat Cari Duit
Beberapa kali saya chatting dan ketemu langsung dengan kawan yang mengambil profesi blogger pencari nafkah. Ia membangun sebuah blog untuk mencari uang. Ada berbagai metode untuk meraup dollar atau rupiah dari blog. Ada yang afiliasi, pay per click, dan sebagainya. Yang jelas, ngeblog bisa juga buat nyari duit. Enak kan?

Nah sekarang tunggu apa lagi? Buat Sobat narablog yang belum punya blog, ayo segera bikin blog! Dijamin bermanfaat deh..

One response to “Dongengan Manfaat Ngeblog

  1. Banyak kok, manfaat dari ngeblog. SAlah satunya nambah kenalan dan teman.🙂

    zen:
    ipin bilang, betul betul betul! ^^
    salam kenal mas asop..

Leave a Reply

