Tips Presentasi Ilmiah


presentasi ilmiahSobat sekalian, pernahkan kalian melakukan presentasi ilmiah di sebuah acara seminar, simposium, atau konferensi? Jika belum, maka membayangkan melakukan presentasi ilmiah bisa membuat kita kelimpungan dan mengawang-awang. Untuk bisa melakukannya, Sobat perlu memperlajari tips-tips apa saja yang bisa dilakukan agar selama melaksanakan presentasi Sobat sekalian meraih kesuksesan. Oleh karena itu, simak tips-tips praktis presentasi ilmiah yang kami sajikan berikut ini. Semoga bermanfaat..

***

Sebelum Presentasi:

  1. Luruskan niat, bahwa kita melakukan presentasi ilmiah ini semata-mata untuk mengharap ridha Allah. Mulakan dengan bacaan tasmiyah/ basmallah, bismillaahirrahmaanirrahiim, dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang..
  2. Kuasai materi yang akan dipresentasikan. Usahakan paham luar kepala sehingga siap menjawab berbagai kemungkinan pertanyaan yang muncul.
  3. Kenali, siapa audiens kita? Untuk menentukan gaya bahasa yang kita gunakan dalam presentasi.
  4. Rajin berlatih presentasi di depan cermin sambil di-timer agar kita bisa menepati alokasi waktu presentasi yang telah disediakan. Kalau ada waktu boleh juga berlatih di depan teman-teman kita (simulasi) untuk melatih mental.
  5. Buatlah slide presentasi yang menarik dan tidak membosankan. Sertakan foto-foto yang relevan dengan materi presentasi. Perhatikan pemilihan warna tulisan dengan backgroud. Pastikan semua tulisan yang tertayang di slide presentasi terbaca dengan baik. Hindari menayangkan gambar-gambar atau foto-foto yang tidak relevan dengan materi presentasi karena hal itu akan mengganggu konsentrasi audiens dalam memperhatikan apa yang kita presentasikan. Keep simple and elegant.
  6. Persiapkan diri untuk menghadapi hal-hal yang tak terduga, seperti tiba-tiba presentasi kita disaksikan langsung oleh keynote speaker atau pembicara tamu, bisa bikin grogi setengah mati😀 kalau itu yang terjadi, tetap rileks aja, atur nafas.
  7. Persiapkan pula seandainya: laptop error, LCD proyektor mati, file presentasi rusak sehingga tidak bisa dibuka (simpan file presentasi di lebih dari satu tempat: misalnya ada yang di flasdisk,  ada yang di CD, ada yang di laptop, ada yang di e-mail). Kalau bisa bawa laptop sendiri, buat jaga-jaga kalau laptop panitia ngadat (tidak berfungsi dengan baik). Misal, kalau listrik tiba-tiba mati, kita harus siap presentasi tanpa slide powerpoint. Siapkan contekan presentasi untuk jaga-jaga kalau listrik mati.

Saat Presentasi:

  1. Pilihlah pakaian atau busana yang sopan dan rapi, enak dipandang mata. Pilih warna yang kalem, tidak terlalu mencolok. Untuk yang putri, berdandalah seperlunya saja, jangan terlalu menor.
  2. Membaca do’a terlebih dahulu sebelum maju ke podium. Setidaknya membaca tasmiyah/ basmalah bagi yang beragama Islam. Syukur-syukur hapal do’a yang diucapkan Nabi Ibrahim Musa ketika menghadapi Fir’aun🙂 Do’a tersebut terdapat dalam Al Qur’an surat Thaahaa [20] ayat 25-28 dengan lafal “Rabbisyrahliishadrii wayassirliiamrii wahlul’uqdatammillisaanii yafqahuuqawlii..” yang artinya “Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku,dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku,
  3. Sebelum memulai memaparkan materi presentasi, sapa terlebih dahulu audiens kita seramah mungkin dan tanyakan kabar mereka. Ini fungsinya untuk membuat mereka fokus memperhatikan presentasi kita.
  4. Atur intonasi suara, gesture (gerakan tangan, mimik wajah, sikap berdiri) kita, kuasai microfon dan alat-alat presentasi yang tersedia, kenali podium tempat presentasi.
  5. Jika ada audiens yang bertanya, simak pertanyaan itu dengan sebaik-baiknya, catat nama penanya dan kata kunci pertanyaannya. Lalu saat akan menjawab, ucapkanlah terima kasih kepada penanya atas pertanyaan yang diajukan serta berikan sedikit pujian sebagai bentuk penghargaan atas kesediaannya mengajukan pertanyaan kepada kita. Tersenyumlah, lalu jawablah pertanyaan demi pertanyaan dengan jawaban yang setepat dan seefisien mungkin, gunakan pilihan kata yang padat, ringkas, dan mudah dimengerti, hindari jawaban yang terlalu bertele-tele.
  6. Perhatikan alokasi waktu dengan seksama, jangan sampai melebihi alokasi waktu yang disediakan panitia.
  7. Minta bantuan teman kita untuk mendokumentasikan penampilan presentasi kita dengan kamera (digital/ handycam/ hape). Ini adalah momen bersejarah🙂
  8. Jika tidak ada handycam, rekam suara presentasi kita dengan mp3 recorder atau sejenisnya untuk bahan evaluasi pasca presentasi.
  9. Ketika presentasi sudah usai, ucapkan salam penutup dan terima kasih kepada para audiens yang telah bersedia menyimak presentasi kita dan jangan lupa membaca tahmid/ hamdallah, alhamdulillaahirabbil’aalamiin, segala puji bagi Allah Tuhan Seru Sekalian Alam..

Setelah Presentasi:

  1. Jabat tangan para audiens yang sejenis (laki-laki dengan laki-laki, perempuan dengan perempuan). Lalu ucapkan terima kasih secara personal kepada audiens yang Sobat ajak jabat tangan tersebut. Mintai pendapat dan masukan tentang presentasi yang barusan kita laksanakan.
  2. Bersyukur kepada Allah atas kelancaran yang telah Dia berikan kepada kita🙂
  3. Lakukan evaluasi terhadap presentasi yang telah kita laksanakan dengan memutar kembali rekaman audio atau video yang ada. Ini perlu untuk perbaikan presentasi berikutnya di masa yang akan datang.

Selamat melakukan presentasi ilmiah.. Semoga sukses ya presentasinya ^^ Kalau udah presentasi, boleh dong berbagi cerita/ pengalaman presentasi ilmiahnya ke e-mail saya: zen.muhammad@gmail.com. Kalau ceritanya bagus, insya Allah akan saya muat di blog ini.

Oke?!😉

Toragan, 5 Oktober 2010


3 responses to “Tips Presentasi Ilmiah

  1. (~_~)…mantap, tambahan opsi :
    pertama itu adalah DOA. karena segala sesuatu usaha tanpa teriring doa dan meluruskan niat yang benar, maka keutamaan barakahnya kita sering lupakan.

    Semangat kawans

    zen:
    terima kasih mbak ismi sudah mengingatkan ^^ saya benar-benar lupa.. tentang DOA, alhamdulillah sudah saya sertakan dalam tips presentasi ilmiah di atas.. semoga bermanfaat..

  2. Thnx tips-nya, Zen. Btw Nabi Ibrahim apa Nabi Musa yang menghadapi Firaun?😀

    zen:
    you’re welcome, mas seagate dewanto ^^
    ups, Nabi Musa ding, thanks atas koreksinya😀 sudah aku ralat..
    *kerja di mana sekarang, git?

  3. makasih banyak tips nya, maaaaaasss😀
    sangat sangat sangat berguna😀

    zen:
    sama-sama ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s