Di Antara Dua Kutub


Sobat, apakah yang akan Sobat lakukan seandainya Sobat berada di antara dua kutub, sementara Sobat tak tahu kutub mana yang benar dan kutub mana yang salah? Dan tak tahu harus berbuat apa selain berdo’a kepada Allah?

Kutub A, mengatakan demikian, sedangkan kutub B mengatakan yang sebaliknya. Sementara kita betul-betul tak tahu kejadian yang sesungguhnya. Saya percaya dan sangat yakin, bahwa Allah Maha Mengetahui segala isi hati hamb-Nya, dan Yang Paling Mengetahui kejadian yang sebenarnya. Saya hanya bisa berdo’a kepada Allah untuk menunjukkan kepada saya, bahwa yang benar tampak kebenarannya, dan yang salah tampak kesalahannya. Saya juga sangat berharap kepada Allah agar yang salah lantas meminta maaf dan tidak mengulangi perbuatannya lagi..

Bahkan saya tak tahu harus berbuat apa untuk mengetahui kebenaran di antara keduanya, dana saya harus berbuat apa untuk mendamaikan kedua kutub yang sedang tak akur itu. Saya benar-benar prihatin atas hal itu, dua kutub yang saling bertolak belakang satu sama lain, sementara saya berada di tengah-tengahnya tanpa tahu kutub mana yang benar, kutub mana yang salah. Pada akhirnya, ‘selemah-lemah iman’ yang baru bisa saya perbuat.

Astaghfirullaahal’adzim..

Mungkin Sobat sekalian yang membaca tulisan ini bisa memberikan solusi?

Leave a Reply

