Antara Menulis dan Berenang


Menulis bagaikan berenang. Untuk bisa menuangkan gagasan kita dalam bentuk tulisan, diperlukan jam terbang yang cukup tinggi. Orang yang belajar berenang tak akan pernah bisa berenang jika ia hanya belajar teori berenang saja tetapi tidak mau sama sekali untuk menceburkan dirinya ke air. Jika ia hanya mempelajari dasar-dasar berenang di atas meja, mustahil untuk bisa berenang.

Untuk bisa menulis pun demikian, kita harus berani mencoba untuk menuliskan setiap ide yang terbersit dalam kepala kita. Jika tidak kita tuliskan maka berbagai ide berharga tadi akan menguap begitu saja seiring berjalannya waktu. Dan tentunya kita tak akan pernah tahu apakah kita bisa menulis, dan bagaimana kualitas tulisan kita.

Sekalipun seseorang sudah mengikuti training kepenulisan ribuan kali namun ia tak pernah mencoba menulis, maka hal itu hanya akan menjadi omong kosong belaka. Hanya terbatas teori, bak pohon buah yang rindang daunnya, namun tak pernah menghasilkan buah sama sekali. So, baik berenang maupun menulis, diperlukan usaha untuk mempraktikannya..

3 responses to “Antara Menulis dan Berenang

  1. Apa yang dipikirkan tulis dulu, masalah indah atau gak, bagus atau jelek, nanti kan bisa diedit😀

    zen:
    njih.. sepakat kula niku ^^d dipunserat rumiyin, nembe dipunedit🙂

  2. Ibarat baru -> menulis bagaikan berenang.. haha.. lucu
    Semangat Zen.. 1 semester saja insyaAllah lebih dari cukup untuk skripsi

    zen:
    hehe😀 terima kasih mas atas motivasinya, semoga lancar ya mas.. mohon doanya..

  3. analogi yang bagus banget Zen🙂 kalo berenang tanpa pemanasan bisa kram, nulis ga pemanasan bisa hilang ide mendadak mungkin ya..?😀

    jadi pengen berenang deh, udah lama ga olahraga nih hehe

    zen:
    makasih mbak nadia ^^ bisa jadi.. btw kalau nulis pemanasannya macam mana ya?😛
    syukurlah kalau dah bisa berenang, hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s