Serba M


Era cyber telah hadir di tengah-tengah kita. Dunia maya sudah tak seasing dulu lagi. Hampir setiap orang kini telah bersinggungan dengan dunia maya di tengah-tengah berbagai kesibukannya di dunia nyata. Koneksi internet hampir menjadi sebuah kebutuhan pokok selain kebutuhan pulsa. Mungkin ada orang yang lebih memilih berpuasa tapi dapat update status atau posting blog daripada makan tapi tak bisa online. Mungkin ada satu, dua, tiga orang atau bahkan bisa juga lebih orang-orang yang berpikiran semacam itu😀

By the way, kalau Sobat termasuk orang yang doyan berselancar di dunia maya, sementara infrastruktur yang tersedia tak seindah idealita (koneksi supercepat), maka ‘M’ bisa menjadi solusinya. ‘M’ yang saya maksud di sini adalah singkatan dari ‘mobile’. Saat ini berbagai situs internet telah menyediakan versi mobile untuk para pengaksesnya, terutama yang menjadikan smart phone atau handphone berkemampuan GPRS sebagai alat berselancarnya. Namun tak menutup kemungkinan bagi para peselancar yang minim kecepatan koneksi. Seperti saya contohnya. Untuk memenuhi kebutuhan internet saya, tak jarang koneksi menjadi kendala tersendiri. Komputer di rumah saya menggunakan modem HP SMART D1200P yang dipasang di atas gawang pintu oleh adik saya untuk mendapatkan sekedar sinyal yang mencukupi. Bahkan perlu ditambahkan seng bekas wadah biskuit untuk memperkuat sinyalnya. Hasilnya lumayan, kadang 2 strip kadang kalau bagus bisa dapat 3 strip sinyal. Namun kecepatannya tak stabil. Kadang kecepatan ‘sending’ bisa mencapai 9 KB/s saat sedang bagus-bagusnya, tapi kadang juga hanya 0,1-0,9 KB/s saat sedang apes-apesnya. So, harus memutar akal untuk tetap bisa menikmati dunia maya..

Saat koneksi jelek, fasilitas mobile web menjadi pilihan saya untuk mengatasinya. Untuk mengakses facebook saya ketikkan http://m.facebook.com di browser mozilla firefox saya, untuk akses gmail saya gunakan http://m.gmail.com/ sedangkan untuk posting blog, saya gunakan http://m.wordpress.com/ sebagai alternatifnya (termasuk posting ini juga :P). So, selalu ada cara untuk menikmati interaksi dengan dunia maya. Tak ada akar rotan pun jadi. Tak kuat buka situs versi desktop-nya internet versi mobile pun jadi juga. Bagaimana Sobat sekalian? Tertarik ingin mencobanya?

One response to “Serba M

  1. dari dulu sampe skrng, q blm prnah ngurusin blog pake kompi.. always mobile, hahaha😀

    zen:
    mantabs euy!

Leave a Reply

