Indonesia Berkabung


Ya Allah, ampunilah hamba dan saudara-saudara hamba atas segala kesalahan dan dosa yang kami perbuat, terimalah amal ibadah kami selama ini.. Aamiin..

Indonesia berkabung, berbagai peristiwa memilukan telah terhampar di depan kita. Belum lama banjir bandang melanda Wasior Papua, tadi malam gempa bumi berkekuatan 7,2 Scala Richter mengguncang Kepulauan Mentawai yang mengakibatkan tsunami menewaskan sekitar 112 orang (MetroTV) dan 500 orang hilang, tadi pagi Jakarta dilanda banjir sehingga menimbulkan kemacetan panjang dan telah menewaskan 2 orang, tadi sekitar pukul 5 sore Gunung Merapi di Daerah Istimewa Yogyakarta mengeluarkan erupsi magma memanikkan warga sekitar Merapi dan menewaskan seorang balita serta sekitar 15 orang yang ditemukan di seputar kediaman Mbah Maridjan (26/10/2010 pukul 22:00 WIB berdasarkan laporan juru kamera MetroTV, Edward AR). Selain kejadian-kejadian di atas masih banyak lagi peristiwa di bumi Indonesia yang menyesakkan dada kita, membuat hati ini begitu pilu, astaghfirullaah..

Gunung berapi termuda di bagian selatan pulau Jawa terdapat di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah ini pada tahun 2006 Merapi menewaskan 2 orang yang berlindung di dalam bunker untuk menghindari awan panas. Sementara pada tahun 1006, seluruh bagian tengah pulau Jawa tertutup abu vulkanik.Pada tahun 1672, 3000 orang tewas akibat letusan gunung Merapi.

Kini, 26 Oktober 2010 pukul 17.00 WIB Merapi kembali memenuhi janjinya untuk erupsi. Berdasar laporan juru kamera MetroTV, Erdward AR, setidaknya ditemukan sekitar 15 orang korban meninggal akibat erupsi Merapi, 4 orang ditemukan di dalam rumah dan 11 orang di sekitar rumah Mbah Maridjan (juru kunci gunung Merapi). Sementara itu alhamdulillah Mbah Maridjan ditemukan selamat oleh tim evakuasi meski dalam keadaan lemas.

Saudaraku, mari kita bermuhasabah, amal apa yang sudah kita siapkan untuk menghadap Allah kelak? Sudah cukupkah bekal yang kita bawa? Bila belum cukup, mari kita berbenah, menyesali dosa-dosa yang kita lakukan, kemudian bertaubat kepada Allah subhanahu wata’ala, lalu berbuat kebaikan secara istiqomah.. Karena kita tidak tahu, kapan, dan dengan cara apa Allah akan memanggil kita ke haribaan-Nya.. Allahua’lam bishawab..

Toragan, 27 Oktober 2010 pukul 00:27 WIB

3 responses to “Indonesia Berkabung

  1. kunjungan kedua.. syukran sudh me-add fb ana. semoga kita bisa menangkap hikmah dari semua fenomena alam ini. “telh terjadi kerusakan di drat dan di bumi akibt tangan manusia…”
    salam dari padang

    sang pejalan

    zen:
    terima kasih mbak aida atas kunjungannya ^^ ‘afwan.. aamiin..

  2. astaghfirullahal’adzhiem,
    astaghfirullahal’adzhiem,
    astaghfirullahal’adzhiem,

    mari memuhasabahi (mengevaluasi) tiap sisi diri kita,
    agar “siap” saat “penjemputan” itu tiba,
    kita hanya menunggu giliran saja,
    semoga akhir hidup kita khusnul khotimah, amien, amien, amien Ya Rabb

    zen:
    aamiin..

  3. iya zen…giliran kayak gini, baru merasa diingatkan ya kita
    *btw posting blog kita serupa, hehe
    semoga jogja baik2 saja ya, jd pesawatku bs mendarat di sana, udah punya tiket nih desember

    zen:
    betul.. tanggal berapa sampai jogja win?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s