Relawan Relawati


Tak terbayang sebelumnya olehku menjadi seorang relawan di sebuah posko/ barak pengungsian. Sejak lahir, aku belum pernah berkecimpung secara langsung dan intensif dalam sebuah penanganan pengungsian. Oleh karenanya, kejadian erupsi merapi di tahun 2010 ini menjadi ‘kado terindah’ untukku tepat saat usiaku menginjak 23 tahun. Aku sungguh tak mengira, Allah akan memberikan kepadaku sebuah kado tak terlupakan sepanjang hidupku, menjadi seorang relawan. Dua hari sebelum usianya genap 23 tahun, 5 November 2010, Gunung Merapi memuntahkan isi perutnya agak banyak daripada sebelumnya sehingga hari itu radius bahaya Merapi menjadi 20 kilometer. Tak terbayang sama sekali di benakku kalau kampung halamanku bakal menjadi area pengungsian para korban erupsi Merapi. Sungguh Allah Maha Perencana, tak ada satu pun yang bisa menandingi rencana Allah…

Sungguh sebuah ‘live life skill training’ terdahsyat yang pernah kuikuti selama aku hidup. Di sana, aku dilatih untuk berhadapan dengan para korban bencana alam, para donatur, para aparat tentara dan kepolisian, para pejabat pemerintah, para relawan dan relawati yang memiliki berjuta keunikan, anak-anak lugu yang lucu, para dokter dan paramedis, dan banyak orang dari berbagai latar belakang. Aku juga dikenalkan dengan manajemen konflik, penghayatan medan, mendengarkan pendapat orang lain, bagaimana cara mengemukakan pendapat, mengatur emosi, mengatur konsentrasi, mengatur perasaan, mengasah kepekaan hati nurani, berlatih keterampilan psikomotorik, indahnya kebersamaan, kekeluargaan, keakraban, menghargai dan menghargai, tolong menolong, dan masih banyak sekali hal lain yang tak bisa aku sebutkan satu per satu. Sungguh, ini adalah kado terbaik yang aku terima selama hidupku. Aku hanya berharap, apa yang aku lakukan selama ini bernilai pahala di sisi Allah subhanahu wata’ala, semakin membuatku dewasa dan bijaksana, semakin mengerti makna kehidupan, dan semakin mensyukuri segala nikmat yang telah Allah berikan..

Kepada sahabat-sahabatku para relawan relawati yang telah bekerja sepenuh jiwa, segunung ucapan terima kasih rasanya tak cukup untuk membalas kebaikan kalian semua. Tanpa kalian, aku yakin, aku tak berarti apa-apa. Tapi, berkat kalianlah aku bisa belajar banyak hal. Terima kasih para relawan relawati yang telah mendedikasikan dirinya untuk membantu saudara-saudara kita para korban erupsi Merapi. Wabil khusus kepada rekan-rekan BPO DIY, FKAPMEPI DIY, SP3, FPP, PPI, FLP, KSAI, KAMMI, PKPU, PMI, TNI, Polri, TAGANA, karang taruna, relawan UIN Suka (Afrizal cs, Kadir cs, Ibnu cs), relawan KKN UGM unit 7 dan 3, relawan independen, dan seluruh relawan relawati yang dapat kami sebutkan satu per satu, kudo’akan semoga kalian semua mendapat pahala kebaikan di sisi Allah subhanahu wa’atala, Aamiin..

Sebenarnya masih banyak kata-kata yang ingin kutorehkan di sini, namun waktu jualah yang membatasi kita, semoga Allah mempertemukan kita di lain kesempatan sehingga kita bisa lebih banyak berbagi dan bertukar pengalaman. Allahua’lam bishawab..

Rumah Cahaya Yogyakarta, 18-19 Desember 2010

4 responses to “Relawan Relawati

  1. wahhh, walaupun aku tidak lama ada di sana aku cukup belajar banyak dari mereka terutama anak-anak. subhanallah aku juga baru pertama dalam hidupku.podho.

    *semoga bisa ketemu ma mb2nya lagi tapi bukan dibencana yaaa ^^

    zen:
    aamiin.. ^^

  2. siiip😀 mangstab . . .

    itulah tarbiyah sesungguhnya akh . . .

    semoga menjadikan kita makin “itqon” dalam setiap beraktivitas, dibelajarkan dari sini . . .

    ooooooooooooooo sudah terjawab maksud dari tanggal itu, he he he, afwan ga ngeh . . . ya tidak ada kata terlambat untuk mendoakan :
    “Barakallahu fikum akh, semoga sisa usia yang ada penuh barakah dengan tiap aktivitas amal antum, amin”

    zen:
    aamiin.. jazakumullahu khairan katsiir, mbak anyta.. ^^

  3. sip2… barakallah usianya makin berkah yaa…

    kemaren aku pengen banget “njenguk” pengungsian di YC, aku tny2 wening suru dateng langsung, tp pengen tny2 dulu, suru sms ntm, minta nomer ntm g dikasi…😀

    zen:
    aamiin.. waiyyakum.. no sy dah tak kirim ke e-mail antum, silakan dicek ya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s