Pengadilan Rimba


Konon ada sebuah negari yang menyatakan dirinya sebagai negara hukum. Segala sisi kehidupan warganya diatur dengan hukum. Undang-undang pun telah diproduksi begitu banyak dan lengkap. Peraturan demi peraturan telah dituangkan dalam berlembar-lembar tulisan. Surat Keputusan pun tak mau ketinggalan. Namun tak dinyana, dari sekian produk hukum yang tersedia, justru hukum tak tertulislah yang banyak digunakan. Sungguh-sungguh aneh! Tapi demikianlah kenyataan mengatakan..

Hingga tiba saatnya suatu kasus diadili oleh pengadilan di negeri ini.. Laporan sang korban yang sebenarnya (maupun korban gadungan) pun dimasukkan ke pengadilan. Berkas baru akan dipelajari oleh kejaksaan, namun tak dinyana-nyana muncul pengadilan tandingan yang begitu kejam. Pasalnya pengadilan tandingan ini ‘tak memanusiakan’ calon tersangka (maupun calon ‘seolah-olah tersangka’). Pengadilan tandingan yang satu ini tak sempat memvalidasi bukti atau saksi. Ia hanya mengandalkan “katanya”, “konon”, “kata si Mr. X yang tak mau disebut namanya”, “menurut sumber terpercaya”, “kabarnya”, “ceritanya”, “sepertinya” untuk menghakimi tersangka.

Ya kalau yang dihakimi ternyata memang tersangka asli, kalau yang dihakimi adalah ‘orang yang dibuat seolah-olah tersangka’? Kan runyam jadinya.. Pengadilan ini bisa melibatkan siapa saja, termasuk Anda! Hanya berbekal sekalimat berita running text, kadangkala orang-orang sudah berani menjadikan dirinya hakim. Hanya berbekal cerita tetangga kadangkala orang-orang dengan entengnya melabeli seseorang sebagai tersangka.

Pengadilan tandingan ini bernama pengadilan rimba. Hakimnya banyak, tidak hanya satu orang atau tiga orang dan bisa jadi kita ada di dalamnya… Waspadalah! Waspadalah! Waspadalah!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s