Menemukan Makna


Setiap detik peristiwa yang kita jalani menyimpan begitu banyak makna, kalau kita mampu menemukannya. Itu artinya tidak ada satu pun adegan hidup kita yang sia-sia. Allah lah yang menulis skenarionya. Hanya saja, bisakah kita menemukan maksa di balik setiap peristiwa itu? Itu semua bergantung pada kemampuan kita masing-masing. Sedekat apa kita pada sang penulis naskah hidup kita, tentu semakin dekat kita dengan sang penulis naskah maka semakin mudah pula kita menemukan makna.

Mengapa aku dilahirkan dari kedua orang tua yang demikian, mengapa aku memiliki seorang adik laki-laki, mengapa aku kuliah di sebuah universitas di yogyakarta, mengapa aku tinggal bersama nenek yang telah berjasa membesarkan orang tuaku, mengapa aku aktif di organisasi, mengapa aku bisa ini dan itu, mengapa kakiku tersandung sepatu, mengapa ibu-ibu saling bertukar anaknya ketika reuni setelah lama tidak bertemu, mengapa ada kakak-beradik yang menikah pada hari yang sama, mengapa begini, mengapa begitu?

Sungguh banyak pertanyaan mengapa yang bisa kita jawab untuk menemukan makna di balik setiap peristiwa. Namun kembali lagi pada diri kita, sedekat apa kita pada sang sutradara, sedekat apa kita pada Allah subhanahu wata’ala? Tentu diri kita masing-masing lah yang mampu menjawabnya.. Maka, mendekatlah kita pada sang Pencipta, sang Maha Hidup, sang Maha Kuasa, sebaik-baik penulis naskah, sebaik-baik sutradara, Allah subhanahu wata’ala..

Leave a Reply

