Menikmati Kesadaran


Sungguh nikmat menjalani segala sesuatu yang didasari oleh kesadaran. Bukan karena menggugurkan kewajiban atau karena keterpaksaan. Setiap langkah begitu bermakna, setiap detiknya begitu berarti, dan jiwa ini nyaman dibuatnya. Ketika kita menjalankan shalat wajib karena sadar bahwa shalat itu mencegah kita dari perbuatan keji dan munkar, bahwa shalat itu merupakan penyucian jiwa kita dari dosa-dosa yang telah kita perbuat baik secara sadar ataupun tidak, bahwa shalat itu membawa pada ketenangan batin, maka kita akan merasakan kenikmatan dalam menjalani setiap detik shalat kita. Kita akan dengan rela betah berlama-lama melantunkan ayat demi ayat al qur’an serta bacaan bacaan shalat. Terbayang begitu banyak dosa yang telah kita perbuat sementara masih sedikit sekali amal kebaikan yang sudah kita perbuat. Kita terasa kecil sekali di hadapan Allah. Kita terasa tidak bisa hidup meski sedetik di dunia ini tanpa pertolongan Allah. Setiap oksigen yang kita hirup tak lepas dari campur tangan Allah. Kita masih bisa merasakan oksigen secara cuma-cuma, tidak bayar, itu semua pemberian Allah. Begitulah nikmat sebuah kesadaran.

Lain sekali ketika kita melakukan sesuatu dengan keterpaksaan atau sekedar menggugurkan kewajiban. Waktu sedetik serasa semenit, waktu sehari serasa seminggu, dan pikiran kita tak berada sama dengan jasad kita berada. Pikiran kita melayang ke sana ke mari tak tentu arah. Esensi tak bisa kita rasakan, hampa rasanya. Batin terasa tersiksa dan seolah hak-hak kita telah terampas oleh keterpaksaan. Sungguh nikmat hidup dalam kesadaran.

Lalu pertanyaannya, bagaimana agar kesadaran itu senantiasa ada pada diri kita? Bukankah kesadaran itu bagaikan garam dalam sebuah masakan, tanpa ia masakan akan terasa hambar? Tanpa kesadaran apa-apa yang kita lakukan akan terasa hambar. Mari kita cari kesadaran itu dengan cara-cara yang telah Allah tuntunkan pada Al Qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s