Misteri Jodoh


Jodoh itu misteri. Kita tak tahu siapa jodoh kita kelak (for single :D), hingga kalimat ijab qobul usai kita ikrarkan. Bisa jadi ia adalah orang yang (sangat) dekat dengan kita, bisa jadi ia adalah orang yang belum pernah kita kenal sebelumnya, orang baru dalam kehidupan kita. Namun siapa pun ia, pastikan bahwa ia adalah orang yang baik agamanya.

Jangan sampai kelak kita menjadi orang tua yang mendzalimi anaknya karena salah satu bentuk kedzaliman orang tua adalah tidak mencarikan ibu yang baik bagi anaknya. Bagi seorang laki-laki, mencari istri berarti mencari ibu yang baik untuk anaknya kelak. Bagi seorang wanita, mencari suami berarti mencari ayah yang baik untuk anaknya kelak.

Untuk memastikan bahwa jodoh kita adalah orang yang baik agamanya, kita perlu memastikan bahwa diri kita adalah orang yang baik agamanya. Dan setelah itu kita harus memilih jalan mencari jodoh yang dibenarkan oleh Allah SWT, cara yang syar’i, cara yang jauh dari keterlibatan hawa nafsu dan syahwat. Cara yang aman, terpercaya, dan akurat. Bukan cara yang penuh dengan akal-akalan, kepura-puraan, dan tipu muslihat.

Toragan, 27 Oktober 2011

6 responses to “Misteri Jodoh

  1. kusmarwanti.noe

    ayo segera pecahkan misterinya om heeee…..

    • nyuwun agenging pangapunten nembe jawab comment..
      nggih, mbak kus.. mohon do’anya agar bisa sesegera mungkin memecahkan misteri ini😀 hehe
      matur nuwun nggih, sampun kersa nglodhangake sakwetawis wekdal kagem sowan lan paring comment wonten blog kula menika..
      mugi mbak kus sekeluarga tansah pinaringan sehat lair saha batos lan langkung produktif anggenipun ngasilaken karya2 ingkang migunagi tumrap liyan🙂

  2. amin, semoga segera terjawab pertanyaan hatimu Zen :))
    BTW, menurutku, orang yang telah menikahpun bisa jadi belum tahu jodohnya, kalo menurutku jodoh itu yang setia sampai akhir🙂

    • aamiin..🙂 matur nuwun abah atas do’anya.. semoga demikian pula dengan abah cahyo🙂
      setia sampai akhir ya? wah berat juga tuh definisinya..

  3. “Untuk memastikan bahwa jodoh kita adalah orang yang baik agamanya, kita perlu memastikan bahwa diri kita adalah orang yang baik agamanya”.

    lalu knp, nggak sedikit yang nampaknya sangat baik sangat taat, tapi akhirnya menikah dengan yang kebalikannya kak?😀

    jodoh emang misteriiiii…

    • Hmmm.. mungkin Allah ingin menguji orang tersebut, apakah ia memang benar2 baik; taat ataukah tidak.. kalau ia memang benar2 baik & taat, tentu ia akan berpikir positif akan takdir yg Allah tetapkan untuknya.. lalu ia tetap baik & taat meskipun mendapat pasangan yg tak seideal harapan.. justru ia akan berusaha membantu pasangannya utk memperbaiki diri bersama dirinya.. kalaupun usaha telah dicoba namun hasilnya atak seberapa, mungkin Allah punya rencana lain yg tentu baik utk dirinya. kita bisa belajar pada keteguhan Asiyah istri Fir’aun atau Nabi Nuh AS. Allahua’lam bishawab..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s