Beginikah Cara Menyambut Hari Raya?


ilustrasi (from: beritajatim.com)

Pagi ini (31/10), salah satu stasiun televisi swasta memberitakan, di Demak–Jawa Tengah tiga orang tewas akibat ledakan petasan yang dibuatnya. Selain korban jiwa, tiga rumah luluh lantak. Ketiga orang korban tewas tersebut rencananya membuat petasan berdiameter 50 cm setinggi 80 cm dengan 2,5 kg bahan peledak untuk menyambut Hari Raya Idul Adha.

Masya Allah, na’udzubillaahi mindzalik.. Semoga kita terlindung dari tindakan demikian. Sebuah cara sia-sia menyambut hari raya. Hari raya seharusnya disambut dengan menjalankan sunnah-sunnah yang dituntunkan Rasulullah, bukan dengan membuat petasan. Uang untuk membeli bahan petasan seharusnya bisa digunakan untuk membeli hewan kurban. Namun apa dikata, nasi telah mejadi bubur, apa yang sudah terjadi tak bisa direvisi.

Dari  kejadian ini kita menjadi tahu beda cara beramal orang yang berilmu dan yang tak berilmu. Orang yang berilmu akan menyambut Hari Raya Idul Adha dengan berbagai sunnah Rasulullah, seperti memperbanyak puasa di 10 hari bulan Dzulhijjah (terutama pada hari Arafah–9 Dzulhijjah), memperbanyak amal shalih (shalat, infaq, sedekah, dzikir –tahlil, takbir dan tahmid–, membaca Al Qur’an, berbuat baik kepada orang tua), taubat serta meninggalkan segala maksiat dan dosa, amar ma’ruf nahi munkar, melaksanakan shalat Iedul Adha dan mendengarkan khutbahnya, berkurban pada hari raya kurban dan hari tasyriq, melaksanakan ibadah haji dan umrah. Sedangkan orang yang tidak berilmu justru menyambutnya dengan kegiatan yang membawa mudharat bagi dirinya dan orang-orang di sekitarnya.

Ya Allah, lindungilah kami dari kebodohan, berikanlah kami semangat dalam mencari ilmu sehingga kami senantiasa berada di jalan-Mu yang lurus.. Ya Rabb kami, hindarkan kami dari tindakan bodoh, konyol, dan sia-sia yang merugikan diri kami dan orang-orang di sekeliling kami.. Laahawlaa walaaquwwata illaabillaah.. Aamiin yaa Rabbal’aalamiin..

Allahua’lam bishawab..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s