Selamat Jalan Mbah Tris..


Pagi ini saya dikejutkan oleh sebuah berita lelayu dari salah seorang anggota keluarga besar saya. Ya, Mbah Tris kakung yang rumahnya bersebelahan dusun dengan dusun saya telah berpulang ke RahmatuLlah tadi pagi pukul 02.50 WIB dini hari.

Masih lekat dalam ingatan beberapa bulan yang lalu, saya beserta adik-adik saya dan adik-adik sepupu saya mengadakan jaulah di bulan Syawal. Jaulah kali ini agak berbeda dengan jaulah-jaulah sebelumnya. Kalau  tahun-tahun sebelumnya kami berkunjung bersama keluarga masing-masing, namun tahun kemarin peserta jaulah adalah para cucu tanpa orang tua. Alasannya adalah karena orang tua kami menjaga rumah, berjaga-jaga kalau ada tamu yang datang ke rumah agar tidak kecele. Dari rumah ke rumah, kami berfoto bersama untuk mengabadikan momen yang langka, setahun sekali. Dan tahun kemarin adalah pertama kalinya kami berkunjung ke rumah kerabat berbekal kamera digital. Tak terkecuali kami pun berfoto bersama Mbah Tris kakung yang tadi pagi dipanggil ke hadirat Allah SWT.

Mbah Tris kakung adalah sosok religius yang mengisi hari demi harinya dengan berdzikir, adzan, mengimami shalat di mushalla dan mendatangi majelis-majelis taklim. Bahkan menurut penuturan salah satu sahabat beliau, tidak kurang dari 70 majelis taklim beliau ikuti tanpa henti sebelum akhir hayatnya. Semoga beliau diterima dengan baik di sisi-Nya. Dijauhkan dari siksa kubur, dan diterima seluruh amal kebaikannya, serta diampuni dosa-dosanya. Semoga kami semua yang ditinggal senantiasa istiqamah berada di jalan Islam hingga akhir hayat kami, selalu meneladani perbuatan baik beliau sehingga dapat berkumpul kembali di syurga Allah SWT kelak. Aamiin.. aamiin.. aamiin.. Yaa Rabbal’aalamiin..

Berikut ini sejejak kebersamaan kami di bulan syawal tahun lalu:

mbah tris kakung-putri, mbah dul, beserta para cucu..

saat saya sungkem dengan Mbah Tris kakung..

One response to “Selamat Jalan Mbah Tris..

  1. Pingback: Jangan Berlebihan | catatan peradaban

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s