Jangan Berlebihan


Hasil diskusi kecil semalam di kediaman Mbah Tris kusimpulkan bahwa jangan berlebihan dalam segala hal. Berlebihan makan membuat pencernaan kita terganggu, bahkan bisa menyebabkan obesitas yang berdampak pada percepatan kematian. Kelebihan tidur dapat menyebabkan penurunan kinerja otak. Bahkan menurut penelitian yang pernah dilakukan, juga dapat mempercepat kematian. Usia orang yang tidur secara ideal lebih panjang daripada orang yang kekurangan tidur atau kelebihan tidur.

Memang, Rasul SAW sendiri telah mewanti-wanti (berpesan) pada kita semua, janganlah berlebih-lebihan, berhentilah makan sebelum kenyang dan jangan makan sebelum lapar. Alhasil kesehatan Rasulullah SAW terjaga selama hidupnya. Beliau tak pernah sakit kecuali sakit saat terluka akibat Perang Uhud dan menjelang wafatnya. Pun demikian pada penduduk kota Madinah yang membersamai kehidupan Rasulullah SAW. Adalah seorang tabib yang ditugaskan di kota Madinah “terpaksa menganggur” selama setahun karena tak didapatinya seorang penduduk Madinah pun yang sakit. Lalu ia bertanya apa rahasianya? Jawabnya adalah ketaatan penduduk Madinah pada anjuran Rasul SAW, tidak berlebih-lebihan dalam makan. Makan seperlunya, banyak berpuasa.

Sobatku sekalian, sebagai manusia yang memiliki akal, mari kita renungkan nasihat Rasulullah SAW tadi, “Jangan Berlebihan”. Semoga ketaatan kita pada anjuran sang penutup para Nabi dan Rasul itu bisa kita jalankan dengan sepenuh tulus ikhlas sehingga kebarakahan dunia wal akhirat akan kita raih🙂 aamiin..

*gambar di atas diambil dari sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s