Tips Menjadi MC


Tentu sobat sudah tidak asing lagi dengan singkatan yang satu ini. Ya, MC alias Master of Ceremony atau pembawa acara! Ternyata menjadi seorang MC memerlukan ilmu. Nah, berhubung beberapa waktu yang lalu saya ikut kursus MC bahasa Jawa, maka perkenankan saya untuk berbagi dengan sobat sekalian atas apa yang saya dapat dari tempat kursus🙂 Oke! Kita mulai.. Apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan ketika kita didhapuk (ditugaskan) menjadi seorang MC? Mari kita simak tips-tips ringkas berikut ini..

  1. Intonasi
    Bagi seorang MC, intonasi memiliki peran yang sangat vital karena intonasi suara sangat berpengaruh pada suasana acara yang kita pandu. Apakah suasana ceria, bahagia, berduka cita, tegang, datar, santai, formal, kaku, khidmad, syahdu, atau yang lainnya.
  2. Busana (match)
  3. Cara berdiri
  4. Cara berjalan (percaya diri tetapi tidak sombong)
  5. Eye contact (kontak mata dengan audiens/hadirin)
  6. Gesture (gerakan/ bahasa tubuh)
  7. Power
  8. Speed/ tempo
  9. Pemenggalan Kata
  10. Ekspresi Wajah
  11. Nafas
  12. Cara Pegang Microphone/Mic

    [bersambung.. :P]

4 responses to “Tips Menjadi MC

  1. waduh detil amat yah, saya si klo ngemci ya ngemci aja sih… *gak mo ribet dot com hehehehe

    • he he.. namanya juga tips, bun.. jadi disajikan sebanyak-banyaknya kan? btw kalo jam terbangnya dah banyak, insyaaLlah semuanya akan berjalan secara otomatis kok tips2 yg sy berikan itu.. akan muncul dengan spontan😀 uhuy!!

  2. wah, mantap tips nya. . . ane lg bljr jd MC nih. . . btw, ada contoh teksnya ga nih? hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s