Akankah Ini Jadi Ramadhan Terakhirku?


Sobat, pernahkah engkau berpikir, bahwa engkau tak akan bertemu esok hari? Lalu berhitung tentang kebaikan apa yang sudah kita lakukan selama hidup di dunia ini? Dan berapa banyak dosa yang telah kita perbuat detik demi detik? Apakah sebagai anak, kita sudah membahagiakan orang tua? Ataukah justru sebaliknya? Berapa banyak kenikmatan yang Allah berikan namun belum kita syukuri? Berapa banyak keinginan yang tidak kita butuhkan? Berapa banyak kita mengeluh? Ah, ternyata belum banyak yang kita (lebih tepatnya, saya) perbuat..

Kurang dari 20 hari lagi kita akan memasuki bulan bertabur pahala, sekali lagi, jika nyawa kita masih bersemayam di dalam raga.. Apa yang sudah kita lakukan untuk menyambut momen sangat spesial itu? Akankah kita melalaikannya hingga akhirnya rasa sesal akan kita dapati? Ataukah kita sambut kedatangannya dengan penuh suka cita, menyambutnya dengan sambutan terbaik yang pernah kita miliki? Karena bisa jadi, Ramadhan tahun ini adalah kali terakhir kita berjumpa dengannya..

Sobat, saya mengajak diri saya sendiri (khususnya) dan sobat-sobatku sekalian untuk menata diri, menata rencana menyambut bulan suci yang sebentar lagi tiba.. Mari kita siapkan bekal ilmu untuk mengisi Ramadhan dengan berbagai ibadah sebaik mungkin, ibadah yang shahih, ibadah yang ikhlas, dan ibadah yang tuntas. Mari kita siapkan fisik kita agar saat Ramadhan tiba, seluruh anggota badan kita benar-benar siap menjalankan ibadah demi ibadah dengan penuh semangat. Mari kita siapkan ruhiyah kita agar setiap aktivitas Ramadhan kita penuh kekhusyu’an, menyesali dosa-dosa yang telah kita perbuat selama ini, lalu berjanji untuk tak akan mengulanginya lagi. Mari kita siapkan pundi-pundi harta kita agar saat Ramadhan tiba, shadaqah, infaq, dan zakat menjadi bagian dari ritme hidup kita.

Masih ada satu pertanyaan yang belum terjawab, akankan ini jadi Ramadhan terkahir kita? Pastikan, jika ternyata jawabnya “ya”, maka kita akan lega karena Ramadhan ini adalah Ramadhan terbaik yang pernah kita jalani.. Semoga..

Image taken from: alfathonah.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s